Hebat… Guru Senior SMK Negeri 2 Pekanbaru Mengikuti Sosialisasi AKM
Lukman, SE, M.Kom
Share this

Hebat… Guru Senior SMK Negeri 2 Pekanbaru Mengikuti Sosialisasi AKM

Lukman, SE, M.Kom 19 Feb 2020
Published in School News
school news
|||||||

NVT.SPMI.21022020.12

Rabu/19 Februari 2020 sebanyak kurang lebih  40 orang Guru SMK Negeri 2 Pekanbaru mengikuti Sosialisasi 

sekaligus Uji Coba metode AKM (Assesmen Kompetensi Minimal) yang dilaksanakan di Ruang CBT (Computer Base Test), hampir sebagian besar  atau sekitar 85% peserta berasal dari guru-guru kejuruan, dan sisanya  15% terdiri dari guru Adaptif dan Normatif. Kegiatan ini berlangsung dari Jam 7.00 WIB s/d 11.00 WIB.

Pada kegiatan uji coba kali yang menarik perhatian adalah tidak hanya diikuti oleh guru-guru yang tergolong masih muda/milenial, melainkan guru-guru senior banyak juga ikut berperan serta, dengan antusias mereka mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat serius, walaupun sedikit mendekatkan wajah mereka ke monitor karena factor jarak pandang yang sudah mulai berkurang. Dalam hal  Keuletan dan kegigihan para guru senior ini perlu mendapat ancungan jempol dan membuat kita angat topi. Walaupun dari golongan senioritas namun mereka tidak kalah lincah dalam menggunan teknologi teknik informasi seperti komputer pada  kegiatan sosialisasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) kali ini.

 

AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) digadang-gadangkan sebagai pengganti Ujian Nasional pada tahun 2021 sebagaimana yang dicanangkan oleh mas Menteri Nadiem Anwar Makarim. Asesmen ini menekan pada kemampuan penalaran literasi dan numerik didasarkan pada praktik terbaik tes PISA (Programme for International Student Assessment) atau Program Penilaian Pelajar Internasional yang sudah lama di laksanakan di negara yang pendidikannya terbaik seperti Finlandia sejak tahun 2000. Pendidikan berkualitas tersebut bergantung banyak pada kualitas jajaran pendidiknya yang diberikan kebebasan penuh dalam meramu kurikulum dan menentukan metode dan materi belajar-mengajar.

Berbeda dengan UN yang dilaksanakan di akhir jenjang pendidikan, asesmen ini akan dilaksanakan di kelas 4, 8 dan 11. Hasil yang diharapkan menjadi masukan bagi sekolah untuk memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya sebelum peserta didik menyelesaikan pendidikannya.

Kebijakan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dan Survery Karekter  ini juga merupakan salah satu pokok-pokok kebijakan Kemendikbud RI tertuang  dalam Permendikbud N0. 43 Tahun 2019 tentang penghapusan Ujian Nasional dan menggantikan dengan AKM-SK. Semoga diterapkan AKM-SK ini  semakin meningkatkan kepercayaan diri peserta didik untuk dapat berkompetisi di masyarakat nantinya.

TAGS:
Published in School News
school news

More Related Articles

Lukman, SE, M.Kom
(0 votes)
Read 103 times
Selamat Datang Di Website SMK Negeri 2 Pekanbaru
  • Education Center
  • Technological Training Center
  • International quality