“Ramadhan 1442H….SKIR Zone”
Mengacu surat Disdik Riau no. 800/Disdik/1.3/2021/8003. Kegiatan PPDB SMAN/SMKN/SLB Prov Riau termasuk di SMKN2 Pekanbaru untuk DITUNDA sampai pemberitahuan berikutnya.
Lukman, S.E., M.Kom
Share this

“Ramadhan 1442H….SKIR Zone”

Lukman, S.E., M.Kom 03 May 2021
Published in School News
“Ramadhan 1442H….SKIR Zone”

(NVT.SPMI. 02042021-33)

    Dua tahun ke belakang kegiatan Bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan  dan keberkahan itu, tepatnya yaitu Ramadhon 1441 H /2020 M dan Ramadhon 1442 H/2021 M di Lingkungan dunia Pendidikan Khususnya Sekolah lebih spesifik lagi di SMK Negeri 2 Pekanbaru,

    sedikit agak berbeda dengan kebiasaannya, karena masih marak dan ganasnya kasus Pandemic COVID 19. Memang kehadiran COVID 19 merubah semua sendi kehidupan dan peradaban manusia tidak terkecuali cara belajar di sekolah. Tapi Alhamdulillah khusus pada Ramadhan kali ini walau dengan segala keterbatasan namun tetap mendapat kesempatan untuk melaksanakan program-program yang mendukung pembangunan karakter peserta didik, sebagai bekal untuk calon generasi penerus pembangunan bangsa.  

Segala perbuatan dan perilaku yang baik dan terpuji atau sering disebutkan Akhalqul Karimah  dalam Bahasa Indonesia disebut Budi Pekerti yang baik, perlu dilatih sejak dini kepada peserta didik khususnya bagi siswa kelas X (sepuluh) Tahun Ajaran 2020/2021 yang notabene mereka belum mendapat kesempatan secara maksimal untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah. Untuk itu momentum Ramadhan ini SMK Negeri 2 Pekanbaru mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun karakter dan budi pekerti yang baik melalui progam yang diberi nama SKIR (Studi Kajian Islam Ramdhan) yang dilaksanakan secara bergantian dengan kapasitas yang sangat terbatas serta mengaplikasikan protocol kesehatan secara ketat dan konsisten.

   Kegiatan SKIR dimulai sejak masuk sekolah pada PTM (Pembelajaran Tatap Muka) Terbatas yaitu tanggal 15 April 2021 (03 Ramadhan 1442 H),  kegiatan dilaksanakan secara terpadu di Aula Datuk Laksamana SMK Negeri 2 Pekanbaru yang di koordinir oleh MGMP PAI, ROHIS berkolaborasi dengan OSIS; rangkaian kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB di mana siswa/i melakukan taddarus bersama yang dipandu langsung oleh pembina ROHIS bpk Meirico Surya, SE.I, dan dilanjutkan dengan ceramah atau tausiah agama yang mengundang guru tamu secara rutin selama kegiatan SKIR berlangsung yaitu ustadz kondang jebolan Timur Tengah yang sudah tidak asing lagi kiprahnya di kota Pekanbaru; yaitu Ustadz H. Nazriel Abdul Muluk Lc MA. Setiap harinya sang da’I selalu menyampaikan tausiah dengan topik yang berbeda-beda, di mana tema yang disampaikan sangat menyentuh semua kalangan khususnya remaja, hal ini juga membuat siswa dan guru menjadi betah dalam kegiatan tersebut.

   Pada hari ketiga pelaksanaan SKIR di SMK Negeri 2 Pekanbaru sangat istimewa karena di hadiri langsung oleh kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Bpk. Zul Ikram, M.Pd, sekaligus sebagai nara sumber dalam memberikan materi Pendidikan karakter, materi yang disampaikan sangat memotivasi siswa/I kelas X (Sepuluh). Kegiatan yang diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah Bpk. H. Peri Daswandi, M.Pd yang mengatakan bahwa momentum Ramadhan sangatlah tepat kita jadikan untuk evaluasi diri masing-masing khusus nya terhadap hikmah yang dapat di petik pada masa pandemic ini, hal ini juga dipertegas oleh Bpk. Zul Ikram, M.Pd, yang juga merupakan guru dan sekaligus pembina OSIS di SMK Negeri 2 Pekanbaru sekitar 10-12 tahun silam.  Bahwa kesempatan Ramadhan untuk memperbaiki diri kembali setelah 11 bulan sebelumnya barang kali banyak dilakukan hal-hal yang di luar harapan kita. Beliau menganalogikan bahwa jika sebuah mesin sepeda motor yang sudah mengalami masa waktu optimal pengoperasiannya maka sudah barang tentu mesin tersebut haruslah dikembalikan menjadi dalam bentuk standar, begitu juga kita sebagai manusia yang selalu berbuat kesilapan, dan momentum Ramadhan inilah waktu sangat tepat untuk kita melakukan introspeksi diri, ujar beliau.

   Namun kegiatan SKIR yang di agenda sepanjang PTM terbatas pada bulan Ramadhan 1442H dan ditayangkan secara live melalui youtube channel official sekolah ini terpaksa harus dihentikan untuk sementara, karena meningkatnya kasus COVID 19 di Kota Pekanbaru yang sebelumnya masih zona kuning menjadi warna Orange. Demi untuk menjaga keselamatan dan kesehatan maka pihak sekolah mengambil kebijakan tersebut.

   Mudah-mudahan kegiatan yang sangat dirindukan dan dinantikan oleh semua warga sekolah ini, kedepan dapat berjalan kembali sebagaimana sediakala, dan wabah COVID 19 segera hilang di Bumi Lancang Kuning ini. Aamiin.

 

TAGS:
Published in School News

More Related Articles

Lukman, S.E., M.Kom
(1 Vote)
Read 182 times
Selamat Datang Di Website SMK Negeri 2 Pekanbaru
  • Education Center
  • Technological Training Center
  • International quality