Pelaksanaan UKK, LSP & LPJK SMK Negeri 2 Pekanbaru
Feni Susanti, S.I.Kom
Share this

Pelaksanaan UKK, LSP & LPJK SMK Negeri 2 Pekanbaru

Feni Susanti, S.I.Kom 17 Mar 2020
Published in School News
school news
|||||||

NVT.SPMI.10032020-14

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) setiap tahun melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang wajib diikuti oleh semua siswa/siswi SMK dengan mempraktekkan keahlian sesuai dengan kejuruan yang diikuti. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Ujian pada tahun ini berbeda dengan ujian pada tahun sebelumnya, karena tahun ini ujian Kompetensi terbagi menjadi 3 metode yaitu Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Berikut penjelasannya :

  • Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)

Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk (1) Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik; (2) Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik; (3) Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik; (4) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran; dan (5) Mengetahui pencapaian kurikulum. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memahami esensi penilaian dan memenuhi tujuan penilaian seperti standar yang telah ditetapkan. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. 

  • Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Uji kompetensi adalah upaya mengukur kompetensi seseorang apakah sudah sesuai dengan kebutuhan industri. Pelaksanaan uji kompetensi dilakukan di Lembaga Sertfikasi Profesi (LSP).  LSP adalah Badan hukum atau bagian dari suatu badan hukum yang merupakan kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam pemberian lisensi profesi. Sertifikasi profesi pada hakikatnya merupakan tugas dari BNSP. Akan tetapi karena keterbatasan, BNSP bisa mengalihkan tugas kepada LSP untuk melakukan uji kompetensi. Meski begitu BNSP mempunyai tanggungjawab untuk menjamin bahwa LSP betul-betul melakukan uji kompetensi dengan mekanisme yang profesional sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh BNSP.

  • Lembaga Pengembangan Jasa Konsruks (LPJK)

LPJK adalah Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi. Tugas utamanya adalah melaksanakan pengembangan jasa konstruksi. Hal ini seperti yang telah diatur dalam pasal 31 ayat (3) UU NO. 18 tahun 1999 pada pembahasan Jasa Konstruksi. LPJK merupakan salah satu lembaga yang kedudukannya telah diatur oleh Undang-Undang.

Adapun Jurusan yang melaksanakan UKK adalah :

  1. Teknik Body Paint

Jurusan Teknik Body Paint melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Semua siswa tampak bersemangat mengikuti ujian tersebut. UKK Teknik Body Paint bekerjasama dengan Toyota. Karena Toyota juga ikut andil dalam penilaian ujiannya. Mereka melakukan teknik pengecatan Body mobil dengan mengikuti langkah-langkah kerja yang ditentukan. Sehinga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Teknik Jaringan Tenaga Listrik

Teknik Jaringan Tenaga Lisrtrik melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian. Para siswa melakukan Perencanaan dan Pemasangan Jaringan Tenaga Listrik Tegangan Menengah pada Jalan Tikungan 60o – 90o.

  1. Teknik Sepeda Motor

Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) melaksanakan Ujian Praktek Ujian Kompetensi Keahlian. Ada pun pekerjaan yang harus mereka lakukan terdiri dari tiga pos pekerjaan yaitu  melakukan perbaikan rem depan dan roda depan, melakukan perbaikan roda belakang dan rantai penggerak, melakukan perbaikan suspensi telescopic dan sistem kemudi. Para siswa TSM harus mampu melakukan demi mendapatkan hasil terbaik.

Adapun Jurusan yang melaksanakan LPJK adalah :

  1. Teknik Pemesinan

Jurusan Teknik Pemesinan melaksanakan UKK yang didukung oleh LPJK. Semua siswa jurusan Teknik Pemesinan sangat antusias mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian tersebut. Walaupun bisa dibilang mendadak ujiannya tapi semua persiapan yang ada dibengkel sangat tertata rapi, bersih dan siap seperti biasanya. Siswa yang mengikuti ujian tersebut juga sangat siap. Adapun kerjasama antar panitia, Acessor, dan peserta dalam pelaksanaan UKK ini sangat bagus dan saling mendukung satu sama lain. Nama benda kerja yang dibuat oleh siswa Teknik Mesin dalam UKK-LPJK adalah Membubut rata, bertingkat tirus, Ulir, mengebor dan Kar.

  1. Teknik Pengelasan

Jurusan Teknik Pengelasan melaksanakan Ujian Praktek LPJK. Dimana siswa tersebut melakukan pengelasan terhadap benda kerja, seperi kursi belajar yang bermodel minimalis Siswa Teknik Pengelasan nampak serius dan berhati hati dalam mengerjakan Ujian, Karen sedikit saja melakukan suatu kesalahan maka akibatnya bisa fatal. Betapa tidak peralatan yang digunakan seperti travo las, gerinda yang notabene mengeluarkan percikan api jika dalam proses pekerjaan berlangsung, untuk itu kesalamatan kerja merupakan suatu yang utama

  1. Teknik Desain Permodelan dan Informasi Bangunan

Siswa/i DPIB melaksanakan LPJK yang dimulai pada hari Jumat tanggal 6 Maret 2020, di mana hari Jumat  mereka melakukan pembekalan dan dan Uji Sertifikasi SDM Vocational Jasa Konstruksi  yang di sponsori oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pusat Jakarta yang diwakili oleh Agung Triadi, ST, M.Eng, Sc dan Regional Sumatera yaitu PUPR Propinsi Aceh. Pada hari Sabtu para siswa/i jurusan DPIB baru melaksanakan Ujian Praktek LPJKnya. Siswa/i DPIB menggambar denah rumah yang diberi ukuran, interior beserta keterangannya. Setelah itu, baru dibuat tampilannya seperti tampak depan, tampak kanan, dan tampak belakang karena dari tampak tersebut kita bisa mengetahui model rumah dan tampilannya bagaimana. Siswa/i jurusan DPIB membuat gambar tersebut dengan menggunakan aplikasi AutoCAD. Aplikasi AutoCAD adalah sebuah program perangkat lunak pembuat gambar rancangan dengan bantuan komputer, yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar 2 dan 3 dimensi secara presisi, yang digunakan di dalam bidang konstruksi dan manufaktur.

  1. Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti

Jurusan Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti melaksanakan LPJK pada hari Sabtu 7 Maret 2020. Jurusan BKP Ujian Praktek LPJK nya yaitu membuat kolom tiang, sloof dan pondasi. Dalam praktek kali ini merupakan aplikasi langsung kepada proyek pengembangan bengkel, di samping peserta ujian dapat mempraktekkan pelajaran-pelajaran yang sudah didapat di bangku teori, kali ini langsung dihadapkan kepada kenyataan proyek yang sebenarnya, sehingga program link and match benar-benar diaplikasikan di sekolah.

  1. Teknik Geomatika

Jurusan Teknik Geomatika melaksanakan LPJK tentang pengukuran dan dilanjutkan dengan membuat laporan hasil kerjanya. LPJK nya diawasi langsung oleh guru-guru Geomatika. Para siswa/i melakukan pengukuran beda tinggi permukaan tanah (Peta Topografi) dengan metode yang sudah ditentukan oleh Jurusan (poligon tertutup) di hutan kota. Setelah mendapatkan data dari pengukuran dilapangan, siswa/i Teknik Geomatika mengolah datanya dikomputer.

  1. Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Jurusan TITL melaksanakan Ujian Praktek LPJK. Semua siswanya nampak serius mendengarkan arahan dari Kajurnya. Siswa/i TITL LPJK nya adalah membuat rangkaian Forward reverse. Jadi di rangkaian forward reverse nantinya akan beroperasi seperti lift. Akan ada 2 Push Button di panel untuk mengoperasikan motor (beban) agar bisa berputar ke 2 arah, yaitu forward (maju/keatas/putaran motor kekanan) dan reverse (mundur/kebawah/putaran motor ke kiri). Adapun 2 limit switch yang ditempatkan di dua tempat yang berbeda yang akan menjadi pembatas agar motor dapat berhenti berputar ketika ditekan. Kalau misalnya Push Button ON 1 ditekan, maka motor akan berputar secara forward, dan limit switch 1 akan menjadi pembatas, memutus/memberhentikan putaran motor ketika ditekan. Begitu juga kalau Push Button ON 2 ditekan, motor akan berputar secara reverse, dan limit switch 2 akan memutus/memberhentikan putaran motor ketika ditekan. Adapun push button off yang di panel yang bisa digunakan untuk dioperasikan secara manual melalui panel untuk mematikan motor secara manual.

Adapun Jurusan yang melaksanakan LSP adalah :

  1. Teknik Komputer Jaringan

Jurusan Teknik Komputer Jaringan melaksanakan LSP yang dimulai tanggal 02 Maret 2020. Ujian dilaksanakan di Lab Komputer SMKN 2 yang diawasi langsung oleh asesor. Siswa/siswi terlihat antusias melaksanakan LSP tersebut. Ujiannya dilengkapi dengan peralatan yang bagus dan memadai. Para siswa/siswi TKJ harus bisa membuat jaringan dan membuat kabel jaringan tersebut bisa bekerja dan terkoneksi dengan baik. Dengan begitu, siswa/siswi TKJ bisa mendapatkan nilai ujian yang bagus. Skema yang diikuti memang benar-benar-benar diterapkan di dunia Industri, seperti Cabling, Konfigurasi Server, dan membuat jaringan berteknologi WiFi.

  1. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak melaksanakan Ujian Praketk LSP yang bertempat di LAB CBT SMKN 2 Pekanbaru yang diawasi langsung oleh assesor. Siswa/i RPL membuat program WEB, PBO dan Pemograman Dasar. Pemograman WEB dibuat dengan menggunakan PhpMyAdmin, pemograman dasar memakai Bahasa CPP dan PBO membuat User Interface, Algoritma, perulangan/percabangan menggunakan java dengan database SQL. Ujiannya berlangsung sangat lancar dan semua siswanya pun mengikutinya dengan sangat baik. Rata-rata satu skema proyek dapat diselesaikan oleh siswa dalam waktu 8 -16 Jam, atau 2 hari diluar mata uji teori.

  1. Teknik Kendaraan Ringan

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan melaksanakan Ujian Praktek LSP yang dimulai pada hari Selasa tanggal 03 Maret 2020 di Bengkel TKR. LSP TKR adalah melakukan Tune Up. Tune Up adalah sebuah kegiatan untuk memeriksa dan merawat mesin mobil. Seseorang harus memeriksa adanya perubahan kondisi mesin akibat penggunaan mobil secara terus menerus. Tune Up bisa disebut juga sebagai kegiatan untuk mengembalikan keadaan atau kondisi mobil pada taraf kerja mesin yang optimal.

 

 

TAGS:
Published in School News
school news

More Related Articles

Feni Susanti, S.I.Kom
(0 votes)
Read 166 times
Selamat Datang Di Website SMK Negeri 2 Pekanbaru
  • Education Center
  • Technological Training Center
  • International quality