SMK Negeri 2 Pekanbaru Mensosialisasikan Tracer Study Mitras Kepada SMK di Pekanbaru
Fitrianti, M.Kom- 03112021-42
Share this

SMK Negeri 2 Pekanbaru Mensosialisasikan Tracer Study Mitras Kepada SMK di Pekanbaru

Fitrianti, M.Kom- 03112021-42 04 Nov 2021
Published in School News
SMK Negeri 2 Pekanbaru Mensosialisasikan Tracer Study Mitras Kepada SMK di Pekanbaru

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kemitraan & Penyelarasan Dunia Usaha & Dunia Industri (Mitras Dudi) tahun 2021 menyiapkan bantuan fasilitasi SMK untuk membangun dan mengembangkan kemitraan dengan dunia kerja dengan program-program kegiatan nyata yang mendorong terwujudnya link & match.

Beberapa program yang dilaksanakan antara lain; pembelajaran berbasis proyek rill dari dunia kerja, magang guru dan Praktek Kerja Lapangan (PKL), pengembangan karir peserta didik dan penguatan BKK melalui penelusuran tamatan (tracer study), penguatan sertifikasi kompetensi berstandar industri di SMK, program kehumasan untuk memperkuat citra sekolah. SMKN 2 Pekanbaru merupakan salah satu SMK yang berkesempatan mendapatkan bantuan tersebut, salah satu kegiatan pada program ini adalah  penguatan BKK melalui penelusuran tamatan (tracer study) dimana SMKN 2 Pekanbaru mengkoordinir 5 (lima) SMK untuk mengumpulkan data tracer study selama 3 tahun dari tahun 2018 sampai dengan 2021.

Pada kegiatan ini hadir 5 (lima) SMK yang diwakili kordinator BKK pada masing-masing SMK yaitu SMKN 1, SMKN 4, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 8 juga perwakilan DUDI yang bermitra dengan SMKN 2 yaitu PT. WAN XP yang diwakili oleh Bapak Harmoko dan CV. Surya Abadi oleh Bapak Maryadi. Pembahasan pada kegiatan ini tentang Rapat Pelaksanaan Pengumpulan Data Lulusan SMK dan Penggunaan Aplikasi Tracer Study resmi Direktorat Mitras Dudi, dikesempatan ini masing-masing sekolah menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pengumpulan data lulusan kemudian bersama berdiskusi untuk menentukan strategi agar pengumpulan data lulusan SMK dapat diperoleh secara maksimal. Permasalahan umumnya data akurat sulit didapat karna sebahagian siswa dengan posisi tidak bekerja/tidak kuliah enggan bahkan sebagian tidak jujur dalam pengisian tracer study, pengisian dalam waktu kurun waktu 3 bulan setelah siswa tamat tidak bisa memberikan gambaran terhadap data lulusan. Disamping itu ada permasalahan yang lain seperti lulusan yang sudah bekerja cukup banyak yang mundur dari pekerjaan karna permasalahan gaji, permasalahn lainnya lulusan SMK tidak mampu bersaing dengan lulusan D3 dalam mencari pekerjaan, pada sisi memasuki perguruan tinggi tergeser oleh lulusan SMA yang memang dari awal mempersiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi.

Kepala SMK Negeri 2 Pekanbaru H. Peri Daswandi, M.Pd memberikan tanggapan dari permasalahan yang dihadapi seperti ; sekolah melakukan pemetaan pada saat kelas X atau kelas XI untuk mengetahui anak yang ingin bekerja, melanjutkan kuliah atau berwirausaha agar sekolah dapat memberikan pelayanan sesuai dengan pilihan siswa, selanjutnya lakukan pendekatan kepada DUDI seperti motto beliau “Mendekat, Merapat, Mendapat”, disamping itu pendekatan dan pembinaan kepada siswa sejak kelas X dan XII dengan memberikan keyakinan kepada peserta didik bahwa mereka mampu untuk bekerja/melanjutkan atau berwirausaha agar nantinya tamatan dapat dilirik oleh dunia kerja/industri. Dudi menyarankan diharapkan tamatan sudah memiliki basic kompetensi pada bidangnya dan untuk program magang diharapkan sekolah menempatkan siswa pada perusahaan yang sudah bermitra dengan memprioritaskan siswa yang ingin bekerja setelah menamatkan pendidikannya sehingga apabila ada perekrutan siswa dapat langsung bekerja.

Kegiatan diakhiri dengan materi penggunaan aplikasi tracer study yang sudah disiapkan oleh Direktorat Kemitraan & Penyelarasan Dunia Usaha & Dunia Industri (Mitras Dudi) dipandu oleh Bapak Harun Nurasyid, S.Pd. Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini dapat membantu sekolah dalam mengatasi permasalahan tracer study dan pengumpulan data lulusan SMK dapat diperoleh secara maksimal.

 

TAGS:
Published in School News

More Related Articles

Read 283 times
Selamat Datang Di Website SMK Negeri 2 Pekanbaru
  • Education Center
  • Technological Training Center
  • International quality