SMKN2 Pekanbaru mengikuti Pameran Lingkungan
Feni Susanti, S.I.Kom
Share this

SMKN2 Pekanbaru mengikuti Pameran Lingkungan

Feni Susanti, S.I.Kom 18 Mar 2020
Published in School News
school news smkn2wardah
|||||||

NVT.SPMI.18032020.15

SMKN2 Pekanbaru mengikuti Pameran Lingkungan pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 Tingkat Provinsi Riau

Kamis 12 Maret 2020, SMKN 2 Pekanbaru mengikuti pameran Hari Sampah Nasional di Kantor Gubernur Riau. Yang diwakili oleh DULING (Duta Lingkungan) PLH SMK Negeri 2 Pekanbaru, Acara yang berlangsung satu hari dan dimulai pukul 07.00 WIB s/d selesai, dengan agenda sebagai berikut :

  1. Senam bersama dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020
  2. Penandatanganan Komitmen DPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai
  3. Talk Show Hari Peduli Sampah Nasional
  4. Pameran Lingkungan

SMKN 2 Pekanbaru pada acara tersebut memamerkan berbagai macam jenis tanaman yang nampak tumbuh subur dan indah yang merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang terkait. Tak Cuma itu saja,  juga memamerkan berbagai macam produk seperti pupuk hasil olahan dari tim PLH dan Duta Lingkungan Hidup., yang merupakan olahan dari sampah atau limbah yang dihasilkan dari lingkungan sekolah, sehingga semua sampah yang ditimbulkan dapat diolah kembali, secara tak langsung akan mengurangi atau meminimalisir keberadaan sampah.

Kepala Sekolah Bpk. H. Peri Daswandi, MPd, berkolaborasi dengan DULING dalam mejelaskan produk-produk yang diekspos pada pameran tersebut, Agar dapat menyakinkan masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan sampah yang tidak terpakai menjadi produk-produk yang bernilai ekonomis tinggi. Yang terdiri dari berbagai macam jenis pupuk, hand made dari barang bekas serta produk buatan siswa lainnya seperti pembibitan tanaman-tanaman hias dan sayuran.

Tak bisa dipungkiri, sampah adalah masalah yang kita hadapi setiap harinya. Begitu banyak sampah yang dibiarkan berserakan begitu saja karena masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap dampak dari sampah tersebut. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Riau mengajak masyarakat Riau untuk peduli akan sampah dengan sama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana mengatakan persoalan pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir. Pernyataan ini ia sampaikan terkait tanggapannya terhadap UU Nomor 18 tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017, saat memberi sambutan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Lapangan Kantor Gubernur Riau. Harapannya ini menjadi momentum bahwa pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat, aman bagi lingkungan, dan dapat membuat dapat mengubah perilaku masyarakat serta lahirnya berbagai upaya pengurangan sampah yang lebih mandiri dan inovatif.

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi Riau juga telah mengeluarkan Surat Edaran No 171/SE/2019 tentang upaya pengendalian dan pengurangan sampah plastik. Dalam surat edaran tersebut, seluruh ASN diimbau agar membatasi penggunaan plastik sekali pakai, menghindari penggunaan bahan polysterina (styrofoam) yang digunakan untuk wadah kemasan makanan/minuman, pengembangan barang maupun dekorasi, membatasi penggunaan sedotan plastik, membatasi penggunaan kantong plastik maupun bioplastik ramah lingkungan sekalipun serta melakukan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat secara masif, sistematis dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan plastik sekali pakai.

Dengan demikian, masalah sampah yang selama ini menjadi momok Pemerintah  dan masyarakat dapat teratasi dan sekaligus dapat menghasilkan produk yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan pada gilirannya akan tercipta lingkungan yang ramah lingkungan, bersih dan asri.

TAGS:
Published in School News
school news smkn2wardah

More Related Articles

Feni Susanti, S.I.Kom
(0 votes)
Read 57 times
Selamat Datang Di Website SMK Negeri 2 Pekanbaru
  • Education Center
  • Technological Training Center
  • International quality